Friday, January 18, 2013

Tanggapi Jokowi, Pohon Kamboja Cocok untuk Jakarta

Beberapa hari yang lalu gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau yang biasa disapa Jokowi memiliki rencana untuk membuat Jakarta berkarakter dengan tanaman dan landscapenya. Jadi Jakarta akan memiliki tanaman yang khas Jakarta seperti halnya Jepang dengan Bunga Sakuranya dan Belanda dengan Tulipnya. Jokowi rencananya ingin ada beberapa tanaman yang nantinya akan menjadi ciri khas jakarta. Menanggapi ide Jokowi tersebut, kami dari pohonkamboja.com ingin mengusulkan agar Pohon Kamboja atau Plumeria dapat menjadi tanaman hias berbunga khas Jakarta.


Mengapa Pohon Kamboja?Pohon kamboja mudah dalam perawatan dan merupakan pohon tropis. Tidak memerlukan banyak air untuk menyiramnya sehingga pemda dki tidak terlalu banyak melakukan penyiraman.  Pohon Kamboja tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari yang tinggi kurang dari 1 meter hingga yang 5 meter atau lebih dengan ukuran batang yang besar. Jadi dapat ditempatkan sesuai dengan kesesuaian Landscape. Bisa diletakkan di taman, pinggir jalan, trotoar, dekat kolam air mancur dsb.

 


 

 


Pohon kamboja merupakan tanaman berbunga indah, warna-warni, banyak bentuk dan yang penting adalah bunganya harum. Kita mungkin sering melihat ada beberapa tanaman yang berbunga namun ketika dicium tidak harum. Pada beberapa jenis pohon kamboja, wangi bunganya juga dapat dicium tanpa harus mendekatkan hidung ke bunga. Untuk beberapa jenis pohon kamboja bunganya dapat tumbuh sepanjang tahun namun akan terjadi penurunan ketika memasuki musim hujan. Dengan begitu bunga kamboja akan sering menghiasi wilayah ibukota Jakarta. Tak hanya itu, bunga kamboja juga produktif karena bunga kamboja memiliki berbagai macam manfaat sehingga bunga kamboja yang sudah rontok pun masih bernilai ekonomis yang tinggi yakni dengan menjadikannya bunga kamboja kering yang saat ini sedang diburu oleh berbagai warga.


No comments:

Post a Comment